Kekuatan Rakyat

Tragedi penegakkan hukum di negeri ini menjadi sebab panasnya suasana politik beberapa minggu ini. Fakta ini mengungkap rumor yang dulu masih setengah benar, tapi berbagai bukti saat ini menunjukkan fakta sebenarnya, kerusakan yang teramat parah.

Bagi siapa pun, konflik di pucuk elit penegak hukum dan politisi kian membawa keresahan siapapun terutama rakyat. Jelas, ini menjadi salah satu penyebab keadilan tidak pernah berpihak pada rakyat, terutama rakyat kecil. Ini juga yang menyebabkan kesejahteraan rakyat yang menjadi tujuan adannya Negara tidak pernah terwujud. Rakyat tetap tak berdaya atas berbagai himpitan kehidupan yang semakin keras. Negara dinilai tak mampu memberikan pelayanan dan perlindungan rakyatnya.

Keresahan rakyat yang sejak dulu selalu menguap saja, kini telah terwadahi oleh teknologi baru, teknologi informasi dan komunikasi, khususnya jejaring sosial semacam facebook atau twitter. Rakyat pun mampu menorehkan rekor dukungan yang tak tebayangkan, facebooker telah membuat 2 kali sejarah, pertama dukungan atas Prita, dan kini dukungan terhadap Bibit-Chandra. Dukungan di dunia maya itu mampu mempengaruhi opini publik dan politik secara nasional. Ini tanda rakyat kian melek informasi, berarti akan semakin melek politik. Mereka takkan mudah dibodohi dengan pengelabuan murahan ala institusi yang berkuasa sekalipun.

Fakta ini, menunjukkan juga rakyat kian tak percaya lagi pada saluran aspirasi rakyat idealnya, baik DPR, parpol atau organimasi massa. Rakyat lebih memilih memberikan dukungan langsung secara sadar dan langsung tanpa ada “embel-embel” lainnya kepada grup yang terbentuk secara alami di media interaktif.

Gerakan di dunia maya ini telah membuka mata siapa saja bahwa ada kekuatan “jalan baru” yang secara independent berjalan dalam pusaran konflik. Kekuatan “jalan baru” itu dari hari ke hari kian menguat, yang menujukkan kecerdasan politik kelompok ini mulai bangkit. Kekuatan itu, tidak lain adalah kekuatan rakyat. Kekuatan ini nyata, bukan rekayasa dan dapat diwujudkan dalam kehidupan yang sesungguhnya. Ini terbukti, beberapa aksi yang dikonsolidasi dan digerakkan dari dunia maya, termasuk aksi grup pendukung pemberantasan korupsi di negeri ini.

Keberhasilan facebooker mengumpulkan dukungan hingga lebih dari 1 juta, sesungguhnya juga disebabkan faktor lain, diantaranya peran media. Media terus memantau perkembangan dukungan facebooker dalam berbagai beritanya. Membuat pengguna facebook lainnya mencari dan mengundang teman-temannya untuk bergabung mendukung grup tersebut. Tapi yang perlu dicatat, dengan teknologi informasi terkini, rakyat mampu membuat keputusan dan kekuatannya tersendiri. Kekuatan itu membesar berdasarkan akal sehat dan hati nurani manusia.

Ini harus menjadi pelajaran bagi siapapun yang ingin menjadikan kekuatan rakyat sebagai kekuatan untuk mewujudkan tujuannya, tak kecuali tujuan untuk melanjutkan kehidupan Islam. Kecerdikan untuk mengungkap berbagai tipudaya dalam kehidupan perlu diungkap secara gamblang, yang  bisa diterima akal sehat dan menyentuh hati nurani rakyat. Aktivitas ini, harus terus dilakukan dimanapun, kapanpun dan dengan teknologi apapun. Suatu saat, kekuatan rakyat pun akan mengalir mendukung Islam.

Diterbitkan oleh

pinterpol

blog politik, blog media, blog sosial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s